Mengapa Smartphone Baru Huawei Menghasilkan Begitu Banyak Perhatian?


SHENZHEN, Tiongkok (Reuters) – Peluncuran mendadak ponsel pintar kelas atas terbaru dari raksasa teknologi Tiongkok Huawei Technologies telah memicu permainan tebak-tebakan internasional mengenai apa yang ada di dalamnya.

Perusahaan tersebut, yang banyak menjadi sasaran pembatasan pemerintah AS, mulai menjual Mate 60 Pro terbarunya seharga 6.999 yuan ($964) secara online pada hari Selasa, menimbulkan keheranan atas keputusannya untuk tidak melakukan iklan sebelumnya dan memicu spekulasi luas mengenai apakah hal tersebut dapat dilakukan. berkemampuan 5G.

Berikut ini adalah apa yang kita ketahui dan tidak ketahui tentang telepon, dan mengapa hal itu penting.

MENGAPA ITU PENTING?

Mulai tahun 2019, AS memutus akses Huawei ke alat pembuat chip yang penting untuk memproduksi model ponsel tercanggih, dan perusahaan tersebut hanya mampu menjual model 5G dalam jumlah terbatas menggunakan chip yang ditimbun.

AS dan beberapa negara Eropa menyebut Huawei memiliki risiko keamanan, namun perusahaan tersebut menyangkalnya.

Pembatasan tersebut menghancurkan bisnis perusahaan yang pernah bersaing dengan Apple dan Samsung untuk menjadi pembuat ponsel terbesar di dunia, dengan bisnis konsumennya mencapai puncaknya pada 483 miliar yuan pada tahun 2020 sebelum anjlok hampir setengah tahun kemudian.

Namun Huawei telah berulang kali mengatakan pihaknya melakukan perlawanan dan perusahaan riset mengatakan kepada Reuters pada bulan Juli bahwa mereka yakin Huawei sedang merencanakan kembalinya industri ponsel pintar 5G pada akhir tahun ini, dengan menggunakan kemajuannya sendiri dalam alat desain semikonduktor serta pembuatan chip dari Pabrik Semikonduktor Tiongkok. Perusahaan Internasional (SMIC).

Jika Huawei dan Tiongkok mampu memproduksi chip 5G mereka sendiri, hal ini akan menandai kemajuan signifikan dalam kemampuan mereka dan merupakan pukulan bagi upaya AS untuk membatasi kemajuannya.

APAKAH MATE PRO 60 SEBUAH PONSEL 5G?

Huawei tetap bungkam, hanya mengatakan bahwa smartphone tersebut adalah “model Mate paling kuat yang pernah ada”.

Pembeli ponsel telah memposting video pembongkaran dan berbagi tes kecepatan di media sosial yang menunjukkan bahwa Mate 60 Pro mampu memiliki kecepatan unduh melebihi ponsel 5G kelas atas, menunjukkan bahwa ponsel tersebut berada dalam kondisi yang sama.

Ponsel tersebut berisi prosesor Kirin 9000s baru dari divisi chip HiSilicon Huawei, yang tampaknya menggunakan teknologi canggih dari SMIC, menurut Dan Hutcheson, analis TechInsights.

Jika menggunakan proses 7+nm atau 5nm, produksi kemungkinan akan menjadi proses yang sangat mahal, kata Hutcheson.

APA REAKSINYA?

Rilis ini membuat pengguna media sosial Tiongkok dan media pemerintah menjadi heboh, sementara perusahaan-perusahaan yang bangkrut di seluruh dunia berlomba-lomba mendapatkan telepon untuk melihat apa yang ada di dalamnya.

Batch awal telepon dengan cepat terjual habis secara online. Toko andalan Huawei di kota Shenzhen dan situs webnya menyatakan stok baru baru akan tiba paling cepat pada pertengahan September.

Tabloid yang didukung negara, Global Times, meraih kemenangan dengan menulis dalam salah satu dari beberapa editorial bahwa telepon tersebut diluncurkan ketika Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo sedang berkunjung, dan menyebutnya sebagai bukti bahwa AS telah gagal dalam “tindakan keras ekstrem terhadap Tiongkok”.

Media pemerintah tidak mengutip sumber atau bukti apa pun atas pernyataan mereka.

Pengguna media sosial juga bergembira, dengan penelusuran Huawei yang menjadi tren selama beberapa hari di platform perpesanan Weibo dan menyamakannya dengan mitologi Raja Kera yang melarikan diri dari bawah gunung.

APA SELANJUTNYA?

Beberapa staf Huawei mengatakan peluncuran ponsel ini mengejutkan mereka, dan peluncuran resminya awalnya dijadwalkan pada 12 September.

Nicole Peng, Wakil Presiden Senior Mobilitas di Canalys, mengatakan penting bagi Huawei untuk memberikan klarifikasi mengenai teknologinya, mengingat tingginya minat pasar.

($1 = 7,2628 yuan renminbi Tiongkok)

(Laporan oleh David Kirton di Shenzhen, Mo Yelin di Beijing dan Max Cherney di San Francisco; diedit oleh Robert Birsel)

Azeem

Selamat datang! Saya seorang penulis berita gaming yang bersemangat untuk memberikan informasi terbaru tentang dunia game kepada Anda. Dengan gairah besar terhadap industri gaming, saya akan menyampaikan berita terpanas, ulasan game terbaru, dan panduan yang berguna. Bersama-sama, mari kita eksplorasi dunia gaming yang tak terbatas dan nikmati semua yang ditawarkannya!

Recent Posts